Upgrading & Rapat Kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Publik Kabinet Katalisator 2022/2023

Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Publik Kabinet Katalisator Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan kegiatan Upgrading dan Rapat Kerja masih dengan mengusung tema yang sama seperti pelantikan kemarin yaitu “Reaktualisasi katalisator HMJ AP demi terwujudnya jiwa yang progresif dan bergerak secara inovatif.” di Aula FISIP lantai 2 pada tanggal 9-10 September 2022.

Upgrading dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas fungsionaris menjadi lebih profesional agar menjadikan Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Publik kabinet Katalisator berkualitas dengan sumber daya manusia yang unggul. Materi diberikan langsung oleh H. Faizal Pikri, SS., M.Ag. selaku sekretaris jurusan. Dalam materinya beliau menyampaikan beberapa pesan, salah satunya mengenai pentingnya kekompakan dalam keorganisasian.

“Tidak mudah bagi seseorang dapat memahami dan mencerna suatu permasalahan. Kita tidak bisa selalu saling mengandalkan, maka dari itu yang lebih penting adalah kekompakan.” Ujarnya, Jumat (9/10/2022)

M. Rizal Zulham S. AP selaku ketua umum kabinet sebelumnya juga turut hadir sebagai narasumber, bercerita mengenai evaluasi pada kabinet Abhinaya yang bisa dijadikan pelajaran oleh para pengurus baru untuk kedepannya.

“Kalian harus bersinergi dengan jurusan, entah itu kerjasama yang terjalin atau yang lainnya. Karena bagaimanapun kalian tetap mahasiswa Administrasi Publik. Harus saling mengingatkan serta saling membantu antar departemen ataupun anggota. Kita sama-sama dilatih dari segi pelaksanaanya, menjaga rumah tangga ini serta saling support satu sama lain. Pokoknya ketika ada permasalahan yang terjadi dijalani saja, dicarikan solusi bersama-sama karena ini menjadi suatu kewajiban kita ketika menjadi anggota himpunan kampus.” Ucapnya kepada para pengurus baru, Jumat (9/10/2022)

Sementara itu, Ketua Umum HMJ AP kabinet Katalisator Ajriel Akmal Hakika D. menuturkan bahwa Upgrading dan Rapat Kerja ini merupakan langkah awal dari kepengurusan baru untuk memulai perjalanan. Karena menurutnya apa yang dilakukan sekarang di himpunan ini harus mempunyai manfaat bagi diri sendiri, mahasiswa Administrasi Publik, dan seluruh civitas jurusan Administrasi Publik. Beliau berharap kegiatan ini mampu meningkatkan pengetahuan ataupun wawasan pengurus baru dalam kepengurusan satu periode kedepan.

Setelah Upgrading, dilanjutkan dengan kegiatan Rapat Kerja yang dimana masing-masing departemen menyampaikan program kerjanya diikuti dengan sesi tanya jawab. Kegiatan ini dibuka oleh departemen PAO dan ditutup oleh departemen agama pada Sabtu, 10 September 2022. Rapat kerja dilaksanakan bertujuan untuk mempertegas pemahaman fungsionaris terhadap tugas pokok dan fungsi dalam HMJ, membahas dan menyusun program-program yang akan dilakukan selama satu periode kepengurusan juga mempererat kebersamaan antar fungsionaris.

Karena tentunya didalam sebuah organisasi membutuhkan sebuah regenerasi  kepengurusan untuk  melanjutkan estafet kepemimpinan dengan dasar objektivitas untuk perbaikan yang membangun basis organisasi yang baik.  Berbagai hal perbaikan melalui regenerasi diidentikkan sebagai titik perubahan pada organisasi tersebut. Maka dari itu, kegiatan Upgrading dan Rapat Kerja ini sangat penting untuk dilaksanakan guna mencapai tujuan organisasi.

Leave a Reply

Bot Verification

Verifying that you are not a robot...