Mahasiswa Administrasi Publik Terlibat dalam Program Magang MBKM Pertama di Tahun 2024

(20/03/2024) Sejumlah mahasiswa jurusan Administrasi Publik UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2021, sedang aktif terlibat dalam Program Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka (MBKM) di berbagai instansi pemerintah dan lembaga swasta. Program MBKM tahun 2024 ini merupakan MBKM pertama bagi Administrasi Publik UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Inilah mahasiswa angkatan 2021 yang pertama kali menjalankan program MBKM Administrasi Publik UIN Bandung di berbagai instansi terkait,

surat keterangan magang AP 2024.pdf

Berikut adalah penjelasan singkat tentang beberapa perwakilan mahasiswa dari jurusan Administrasi Publik yang terlibat dalam Program Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka (MBKM) di berbagai instansi:

Syifa Rizfaera Aulia, telah mendapatkan kesempatan magang di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang merupakan lembaga pemerintah yang fokus pada pelaksanaan dan pengawasan penelitian, pengembangan, serta penerapan inovasi dalam berbagai bidang. Keputusannya memilih BRIN sebagai tempat magang dipengaruhi oleh minatnya dalam belajar dari para ahli di bidang riset dan inovasi.

Di tempat lain, Silman Firdaus dan Adit Aditiya Azhar Pratama tengah menjalani program MBKM di bidang perpajakan, dengan penempatan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bandung Cicadas dan KPP Pratama Majalaya. Keduanya aktif memberikan asistensi kepada wajib pajak dan mengembangkan pemahaman tentang perpajakan melalui program kelas pajak dan Business Development Services (BDS) yang diselenggarakan oleh Kanwil atau KPP.

Selain itu, Indi Ramadantica memilih magang di Sekolah Pertempuran Khusus (SEPURSUS), bagian dari Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) di Batujajar, untuk mendalami administrasi dalam konteks militer.

Aden Herdiana terlibat dalam program MBKM di Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Barat, dengan penempatan di bagian TU Pimpinan & Protokol. Aden aktif mengikuti berbagai kegiatan seperti Sidang Paripurna DPRD dan audiensi dengan pihak terkait, Ia juga membantu menyiapkan berbagai berkas administrasi.

Ninna Avrianna fokusnya dalam program MBKM adalah membangun Desa Girimekar, dengan melakukan pendataan potensi wisata dan mengadakan seminar literasi digital untuk mendukung perekonomian desa.

Tidak ketinggalan, Salsa Maulida mengikuti program MBKM di PT. PLN Persero. Kegiatan yang Salsa lakukan mulai dari menyusun Rencana Anggaran Belanja (RAB), merevisi surat amandemen, hingga melakukan rekapitulasi keuangan, dan berbagai tugas administratif lainnya.

Meskipun menghadapi berbagai tantangan, namum mereka berhasil mengatasi tantangan tersebut dan menjalani magang dengan baik. Dan mengharapkan umpan balik yang memperkaya pengalaman, termasuk pengetahuan yang tidak didapatkan di kelas.

Partisipasi mahasiswa dalam program MBKM diharapkan memberikan dampak positif bagi pengembangan diri mereka serta kontribusi bagi instansi tempat mereka magang. Ini menjadi langkah awal yang penting dalam mempersiapkan mereka untuk karir di masa depan.

https://cms.uki.ac.id/pict/spulsa/ https://alatberatbekasjepang.com/ https://reguler.live.unpad.ac.id/app/ https://sigastra.radenintan.ac.id/app/sgacor/ http://mpbi.fkip.unib.ac.id/wp-includes/app/ https://dinsos.jatimprov.go.id/web/bootstrap/cache/-/ https://rumahnegara.imigrasi.go.id/rumah-dinas/-/ http://mesin.ft.unand.ac.id/plugins/dana/ http://io.unand.ac.id/baru/ https://dukcapil.selumakab.go.id/wp-includes/app/ https://eadmin.gkjw.or.id/app/mxslot168/ https://e-office.banjarkota.go.id/asset/file/ https://bkd.uinbanten.ac.id/modules/app/