Press Release Kegiatan Mahasiswa MBKM dalam Program Pengabdian Membangun Desa Girimekar

(03/04/2024) Pada 2 April 2024, Mahasiswa MBKM Administrasi Publik dalam program Pengabdian (Merdeka Belajar – Kampus Merdeka) Membangun Desa Girimekar menggelar acara seminar bertajuk “Transformasi Pengembangan UMKM Berbasis Digitalisasi dalam Optimalisasi Transaksi”. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk memberdayakan masyarakat Desa Girimekar melalui penerapan teknologi digital dalam dunia usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Kegiatan ini dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Dosen Pembimbing Program MBKM Membangun Desa Administrasi Publik, ibu Siti Alia, S.IP., M.AP, dan Kepala Desa Girimekar sendiri.

Acara tersebut tidak hanya melibatkan mahasiswa Administrasi Publik dan masyarakat pelaku UMKM di Desa Girimekar saja, namun juga melibatkan pihak eksternal yang memiliki pengalaman dan pengetahuan dalam bidang digitalisasi dan UMKM. Pihak Shopee hadir sebagai mitra strategis untuk menyampaikan seminar digitalisasi UMKM, memberikan wawasan tentang strategi pemasaran online dan manfaat penggunaan teknologi dalam meningkatkan daya saing bisnis.

Selain itu, perwakilan mahasiswa dari GenBI turut serta menyampaikan seminar tentang QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Dengan demikian, peserta seminar dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang inovasi pembayaran digital yang semakin populer di Indonesia. Ini memberikan kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk mengadopsi teknologi pembayaran yang memudahkan pelanggan dan pemilik usaha.

Melalui seminar ini, para peserta diharapkan dapat memperoleh pengetahuan yang komprehensif tentang berbagai aspek digitalisasi UMKM, termasuk strategi pemasaran, transaksi keuangan, dan adopsi teknologi pembayaran. Dengan demikian, diharapkan acara ini dapat mendorong pertumbuhan dan inovasi bisnis UMKM di Desa Girimekar, serta memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal dan kesejahteraan masyarakat.

https://manualpragas.cnpso.embrapa.br/wp-includes/pict/