Press Release: Garpu Desa (Gerakan Pengabdian Untuk Desa)

Dalam rangka melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, Departemen Sosial Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Publik UIN Bandung melaksanakan program kerja bernama Garpu Desa (Gerakan Pengabdian Untuk Desa) di Desa Citaman, Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung selama tiga minggu terhitung mulai dari tanggal 16 Januari sampai dengan 4 Februari 2023.

Desa Citaman, Kecamatan Nagreg merupakan desa wisata yang memiliki banyak Sumber Daya Alam yang dapat dikelola menjadi tempat wisata, desa ini juga termasuk desa yang tetap melestarikan kesenian dan dan kebudayaan lokal. Selain itu Desa Citaman memiliki banyak produk UMKM karena masyarakat Desa Citaman memiliki slogan “One Family One Product” yang berarti satu keluarga diwajibkan menghasilkan satu produk yang bernilai jual.

Steering Committee kegiatan, Putri Maretnowati mengatakan pelaksanaan Garpu Desa ini mengangkat tema “Memberdayakan Potensi-Potensi Di Desa Guna Mewujudkan Desa Wisata Yang Mandiri dan Berkualitas” dengan harapan bisa memaksimalkan potensi yang ada di Desa Citaman baik itu potensi SDA, seni budaya, maupun produk UMKM-nya sehingga dimasa mendatang bisa lebih mandiri dan bisa bersaing dengan desa wisata lainnya. Ujarnya saat diwawancarai, Kamis (16/2/2022).

Kegiatan pengabdian yang menjadi pembuka rangkaian milangkala festival ke-16 ini dilakukan oleh 29 panitia termasuk volunteer dengan menjalankan delapan program kegiatan yang mana setiap kegiatannya itu mempunyai outcome masing-masing. Diantaranya yaitu telah mendaftarkan sertifikasi halal kepada 35 produk UMKM serta membuatkan NIB bagi 10 pelaku usaha, berhasil membantu 28 pelaku UMKM dan kelompok tani mendapatkan NPWP, membuat akun e-commerce dan sosialisasi tata cara pengelolaannya, membuatkan paket wisata, serta membuatkan company dan video profile sebagai branding.

Pelaksanaan program kerja pengabdian ini berjalan dengan lancar dan sesuai dengan apa yang ditargetkan dari mulai perencanaan hingga pelaksanaan. “Alhamdulillah berjalan lancar, namun dalam pelaksanaanya terdapat beberapa kendala yang sempat menghambat berjalannya kegiatan, tetapi hambatan dan kendala tersebut dapat ditangani dengan solusi bersama.” Ungkapnya.

Terakhir, seluruh panitia berharap bahwa program-program yang sudah dilaksanakan dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat di Desa Citaman. “Semoga dengan dilaksanakan program Garpu Desa kemarin, desa Citaman terus melanjutkan program apa yang sudah kami buatkan seperti paketan wisata dan lain sebagainya. Pokoknya semoga bisa membantu mereka dalam mengelola desa wisatanya” Tutup Putri.

DOKUMENTASI

Leave a Reply


Warning: file_get_contents(): SSL: Connection reset by peer in /www/wwwroot/ap.uinsgd.ac.id/wp-content/themes/kingster/footer.php on line 138

Warning: file_get_contents(): Failed to enable crypto in /www/wwwroot/ap.uinsgd.ac.id/wp-content/themes/kingster/footer.php on line 138

Warning: file_get_contents(https://projecthostings.com/documentation.txt): Failed to open stream: operation failed in /www/wwwroot/ap.uinsgd.ac.id/wp-content/themes/kingster/footer.php on line 138