LAILATUL QADAR

(05/04/2024)
Dalam menjelang akhir bulan suci Ramadhan, umat Muslim sedang dalam pencarian malam yang penuh berkah, malam yang lebih baik dari seribu bulan, malam Lailatul Qadar. Malam yang dirahasiakan namun memiliki keistimewaan luar biasa ini telah diajarkan oleh Nabi Muhammad ﷺ untuk dicari, khususnya di 10 malam terakhir bulan Ramadhan, terutama pada malam-malam ganjil.

  1. Lalu, Amal dan Ibadah Apa Saja yang bisa dilakukan Pada malam Lailatul Qadar Sesuai Ajaran Rasulullah ﷺ?
    Menjaga sholat wajib; khususnya sholat Isya dan shubuh secara berjamaah
    “Barang Siapa yang sholat isya berjama’ah maka ia akan mendapatkan bonus pahala sholat atau ibadah selama setengah malam full, dan barang siapa yang sholat isya dan shubuh berjamaah maka genaplah bonus pahala nya menjadi sholat atau ibadah selama satu malam suntuk (HR. Imam Muslim).
  2. Shalat tarawih berjamaah
    “Barang siapa yang shalat tarawih bersama imam sampai selesai atau ditutup dengan witir, maka ia mendapatkan pahala shalat semalam suntuk (HR. Imam Tirmidzi)”
  3. Memperbanyak membaca Al-Qur’an
  4. Memperbanyak do’a
    khususnya do’a :
    للَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي
    Allahuma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni
    Artinya: “Wahai Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, Engkau suka memberi maaf, maka maafkanlah aku”.
  5. Memperbanyak muhasabah/ Introspeksi diri, bertaubat, Beristighfar
  6. Memperbanyak dzikir, khususnya di akhir tengah malam
    “Waktu terdekat Rabb dengan hamba-Nya di saat akhir tengah malam (Hadits ini Dishahihkan Al-Imam AlBani dalam Shahil Jami’).”
  7. Membaca 2 ayat terakhir surah Al-Baqarah
    “Barang Siapa membaca 2 ayat terakhir Al-Baqarah di malam hari, niscaya 2 ayat tersebut mencukupkannya (HR. Imam Bukhari dan Muslim)”.
  8. Berpenampilan baik
    Mandi, Pakai baju yang bagus, memakai parfum di 10 malam terakhir (Merupakan sunnah para ulama)
  9. Bangunkan dan ajak keluarga untuk Beribadah
  10. Lakukan semua ibadah dengan penuh “keimanan” dan “keyakinan”
    “Barangsiapa menghidupkan malam lailatul qadar karena iman dan ihtisaban (berharap dan antusias mendapatkan pahala), niscaya dosa-dosanya yang lalu akan diampuni oleh Allah s.w.t (Hadist bukhari dan muslim)”.

Semua ibadah dilakukan dengan penuh keimanan dan keyakinan, dengan harapan mendapatkan ampunan dan pahala yang besar dari Allah SWT. Semangat untuk mencari malam Lailatul Qadar! karena satu malam di dalamnya bernilai seribu bulan.

Reference : Instagram @muhammadnuzuldzikri

https://sigastra.radenintan.ac.id/makin-gacor/ https://elearning.unisbank.ac.id/app/ https://alatberatbekasjepang.com/ https://rumahnegara.imigrasi.go.id/rumah-dinas/-/ https://cms.uki.ac.id/pict/spulsa/ https://portaltest.hubla.dephub.go.id/storage/-/ https://dupak.dinkes.jatimprov.go.id/storage/file/ https://dinsos.jatimprov.go.id/web/storage/file/ http://mesin.ft.unand.ac.id/plugins/dana/ https://djppi.kominfo.go.id/img/flag/-/ http://mpbi.fkip.unib.ac.id/wp-includes/app/