Bukan Tentang Kekuasaan Tapi Tindakan Menuju Perubahan

(28/04/2024) Beberapa pemimpin mahasiswa di Jurusan Administrasi Publik yang memiliki strategi dan visi menciptakan perubahan positif. Mulai dari Lembaga Sub-Unit Jurusan hingga Organisasi Himpunan Jurusan Administrasi Publik. Mereka merealisasikan dedikasi, pemikiran inovatif, dan komitmennya untuk terus berkembang. Lalu, siapa saja mereka?

Di keberagaman mahasiswa Administrasi Publik, ragam kepemimpinan tampak memperkaya lanskap perkuliahan. Diantaranya, Jamaludin Anshory sebagai ketua Lembaga CIAS ia menganggap kepemimpinan sebagai sebuah amanat yang harus dijalankan dengan baik. Dia bertekad untuk mengembangkan CIAS ke arah yang lebih baik dengan memperbaiki kekurangan dan menciptakan inovasi baru kedepannya.

Sementara itu, Muhammad Rifqi Aminulloh sebagai ketua Lembaga AP Edutainment, dalam membangun citra positif lembaga diantara para mahasiswa dan juga pihak eksternal adalah dengan fokus pada strategi membangun citra positif dengan karya yang jelas dan branding yang kuat. Dia berharap agar setiap anggota dapat terus berkembang dan menciptakan dampak positif di dalam maupun di luar organisasi.

Adapun, Fauzan Hanif Abdillah sebagai ketua lembaga Tax Center, menurut nya dalam mencapai hasil terbaik, penting melakukan evaluasi rutin. Jikapun tantangan atau masalah muncul itu dapat dihadapi dengan mengidentifikasi berdasarkan informasi yang ada untuk memilih alternatif solusi terbaik, hal ini juga perlu melibatkan seluruh anggota dengan menerima kritik dan saran. Ia memiliki harapan besar bahwa Tax Center dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan perpajakan di Indonesia, khususnya dalam konteks akademik.

Begitu juga dengan Fauzihan Khoerustalis sebagai ketua dari lembaga LA2KP, baginya menciptakan lingkungan yang mempererat hubungan antar anggota dilakukan dengan pendekatan emosional tanpa paksaan terhadap pengurus. Lembaga ini menerapkan beberapa program non formal, diantaranya program “Member of the Month” yang menjadi bentuk apresiasi/ penghargaan kepada anggota terbaik, juga kegiatan bonding untuk mempererat hubungan antar anggota.

Ia berharap semua pengurus LA2KP meraih kesuksesan dalam tugas fungsionaris mereka, menciptakan karya inovatif dalam kebijakan publik baik di lingkungan universitas maupun di lingkungan masyarakat, dan LA2KP Dapat terus berkembang menjadi lembaga riset dan analisis mengenai kebijakan publik yang dapat bermanfaat untuk seluruh pihak yang dilibatkan.

Dan ketua umum Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Publik, yaitu Nirbitho Satrio Anggono. Ia membenarkan bahwa menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah, adanya tantangan yang perlu dihadapi baik dalam tantangan eksternal juga tantangan melawan diri sendiri, juga memperhatikan pendelegasian berupa tugas dan kewajiban yang sesuai takaran porsi kemampuan dari anggota yang berdampak signifikan dalam mencapai target kerja sesuai dengan motivasi dan dorongan dari seorang pemimpin.

Selain itu juga, HMJ Administrasi Publik juga sebagai penyambung aspirasi antara mahasiswa dengan jurusan dan mahasiswa dengan kampus. Pembelajaran berproses di HMJ AP sangatlah berharga, sebagai proses pendewasaan karakter pribadi seseorang. Pesannya “Terbanglah tinggi tanpa menjatuhkan yang lain, saling membesarkan tanpa mengecilkan, memanusiakan manusia diatas semuanya.”

Dalam perjalanan kepemimpinan mereka, tergambar semangat dan tekad untuk membawa perubahan positif. Meski penuh tantangan, setiap langkah dan keputusan diambil dengan hati-hati, berlandaskan visi yang jelas untuk kemajuan lembaga, organisasi, dan juga masyarakat. Semoga perjalanan ini tidak hanya menjadi inspirasi bagi mereka, tetapi juga untuk mahasiswa Jurusan Administrasi Publik lainnya.

“Pengharapan tidak akan ada habisnya. Mereka mengatakan hidup bukan tentang kecepatan, tapi tentang arah yang akan kita tuju.”

 

——————–
dikelola oleh :
ap edutainment
www.ap.uinsgd.ac.id

https://sigastra.radenintan.ac.id/makin-gacor/ https://elearning.unisbank.ac.id/app/ https://alatberatbekasjepang.com/ https://rumahnegara.imigrasi.go.id/rumah-dinas/-/ https://cms.uki.ac.id/pict/spulsa/ https://portaltest.hubla.dephub.go.id/storage/-/ https://dupak.dinkes.jatimprov.go.id/storage/file/ https://dinsos.jatimprov.go.id/web/storage/file/ http://mesin.ft.unand.ac.id/plugins/dana/ https://djppi.kominfo.go.id/img/flag/-/ http://mpbi.fkip.unib.ac.id/wp-includes/app/