Polemik Dalam Pengendalian Kemacetan Lalu Lintas Di Indonesia Melalui Kebijakan Electronic Road Pricing

Seperti yang kita ketahui bahwa kebijakan Electronic Road Pricing merupakan sebuah putusan terkait pembatasan lalu lintas kendaraan bermotor secara elektronik pada ruas jalan, kawasan dan waktu tertentu yang bertujuan untuk mengantisipasi kemacetan khususnya di daerah DKI Jakarta. Kebijakan ini akan dilakukan pada beberapa ruas jalan yang akan dikenakan biaya bagi pengendara yang melewati ruas lintas jalan tersebut. Berdasarkan kebijakan pemerintah DKI Jakarta telah mengusulkan tarif kisaran antara Rp 5.000 sampai dengan Rp 19.900 untuk satu kali melintasi ruas jalan. Merujuk pada keputusan gubernur terdapat beberapa kriteria untuk menilai suatu kawasan yang dapat diukur sebagai suatu batasan penerapan Electronic Road Pricing, Diantaranya mempunyai tingkat volume lebih tinggi pada lalu lintas kendaraan bermotor dengan kapasitas jalan serupa dengan 0,7 pada jam puncak ruas jalan, mempunyai paling sedikit 2 lajur dalam setiap jalur lalu lintas, hanya mampu dilalui oleh pengendara kendaraan bermotor kecepatan 30 km/jam, dan adanya penyediaan pelayanan angkutan umum terhadap trayek yang berlandaskan aturan standar pelayanan minimal.

Sebenarnya wacana kebijakan ERP ini telah direncanakan sejak tahun 2006 pada masa kepemimpinan gubernur pak Sutoyo. Namun hal tersebut menuai pro kontra sehingga di tahun 2023 ini pasca gubernur Anies Baswedan membuka kembali pembahasan mengenai ERP. Mayoritas kalangan masyarakat masih membuka lebar-lebar kritikan apakah kebijakan ini akan membantu solusi kemacetan atau kurang tepat, jika kebijakan ini dapat menjadi solusi maka masyarakat akan merasa sangat senang namun kembali lagi apakah ERP ini akan merugikan atau menguntungkan pengguna jalan. Menilai dari komposisi laju kendaraan dan muat kendaraan yang masih terdapat permasalahan pada simpang-simpang jalan khususnya kendaraan bermotor. Sebelum dilakukannya kebijakan ERP ini seharusnya pemerintah memperhatikan beberapa hal penting yang harus dilaksanakan seperti merancang tema utama dari kebijakan ERP pada suatu sub-sub tema utama yang akan mempermudah dalam mengimplementasikan nya, serta harus adanya desakan Rancangan peraturan daerah dari DPRD dan Provinsi agar mengeluarkan pembahasan terlebih dahulu terhadap kementerian perhubungan untuk menyelesaikan peraturan pemerintah tentang manajemen perencanaan dan rekayasa lalu lintas sebagai suatu landasan dalam penerapan kebijakan sistem jalan berbayar (ERP) ini. Jika kita melihat komparasi dari negara maju salah satunya negara Singapura, yang mana mereka telah menerapkan kebijakan Electronic Road Pricing ini sejak tahun 1975. Oleh karena itulah negara ini yang dapat menjadi contoh bagi negara lain khususnya di Indonesia. Negara singapura telah berhasil mengurangi angka kemacetan lalu lintas meskipun populasi pertumbuhan mobil terus meningkat. Prosedur penerapan kebijakan ERP di Singapura hampir sama dengan wacana yang akan diimplementasikan di Indonesia, namun ada sedikit catatan yang mungkin dapat menjadi bahan evaluasi untuk segera merilis wacana ini di Indonesia. Singapura menetapkan prosedur biaya operasional yang lebih tinggi pada jam sibuk sedangkan pada jam-jam biasa mereka menetapkan biaya standar berdasarkan peraturan yang berlaku. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi kemacetan baik pada waktu sibuk maupun pada waktu normal.

Dibalik wacana kebijakan Electronic Road Pricing di ibukota Jakarta, tentunya masyarakat menilai adanya pro kontra dalam aspek keadilan sosial. Karena kebijakan ini dapat dilihat dari sudut pandang masyarakat bahwa adanya ketakutan akan menjadi beban pada kalangan menengah yang mana selain kebutuhan dan pajak yang selalu dibayarkan namun tarif ERP ini pun harus dipikirkan oleh mereka. Selain itu meskipun banyak pula pihak yang mendorong dengan adanya kebijakan ini maka akan meminimalisir tingkat pencemaran udara karena populasi transportasi pribadi berkurang, tetapi aksebilitas transportasi umum seperti bus trans Jakarta, MRT dan KRL masih belum merata terutama untuk para pekerja, anak-anak sekolah, dan lain lain. Oleh karena itu perlu adanya langkah strategis yang harus dilaksanakan oleh pemerintah setempat dalam penerapan Electronic Road Pricing ini. Melihat informasi dari badan pusat statistik tahun 2021 angka usia produktif di Indonesia khususnya di kota Jakarta lebih tinggi dibanding dengan usia tua. Meskipun demikian pemerintah harus tetap melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak ada kesimpangsiuran informasi, serta kejelasan maksud dan tujuan kebijakan ini diterapkan. Selain itu pemerintah harus mempersiapkan dari segi ekonomi apakah setiap pendapatan per kapita masyarakat sudah tercukupi, dan harus memikirkan dampak yang akan terjadi pada para pengemudi ojek online, driver pengantar makanan dan semacamnya.

Jika kita lihat di negara Singapura meskipun adanya kebijakan ERP ditetapkan, namun aspek ekonomi di negara ini jauh lebih baik karena di setiap kota nya dapat melebihi ruang lingkup setiap kota-kota yang ada di provinsi Jakarta. Lantas apakah negara berkembang seperti Indonesia dapat menerapkan kebijakan elektronik berbayar (ERP) ini dengan baik? Menurut pandangan saya kebijakan Electronic Road Pricing ini merupakan sebuah pengembangan sistem yang mampu mengubah dampak positif terkait problematika di kawasan lalu lintas. Namun hal ini pula masih diragukan oleh sejumlah kalangan masyarakat menengah, terutama dalam aspek ekonomi dan efektivitas dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi tidak salahnya pemerintah mengemukakan kembali wacana ini, dengan syarat merencanakan segala prosedur dengan matang dan tidak menimbulkan pengaruh negatif bagi publik. Selain strategi yang telah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa hal yang sebaiknya aplikasikan antara lain pemerintah harus benar-benar mengoptimalkan penggunaan transportasi umum dengan memberikan subsidi bagi kalangan masyarakat bawah seperti tarif yang dikeluarkan dalam penggunaan transportasi umum lebih rendah dibandingkan dengan masyarakat kalangan menengah keatas. Adanya pengelolaan aplikasi yang dapat memberikan jadwal keberangkatan transportasi umum seperti bus dan sebagainya, adanya subsidi sepeda motor elektrik bagi pengemudi ojek online sehingga ditengah kebijakan ini diterapkan mereka masih tetap bekerja dengan kendaraan tersebut karena tidak akan menyebabkan pencemaran udara dan kemacetan yang terlalu tinggi, serta adanya sosialisasi dan simulasi percobaan kebijakan jalan berbayar sebelum kebijakan ini benar-benar dirilis dan menjadi kebijakan jangka panjang.

Demikianlah rencana kebijakan Electronic Road Pricing yang menuai pro kontra, diharapkan mampu membawa perubahan progresif dengan cara berdemokrasi yang saling membersamai antara pemerintah dan masyarakat, disamping munculnya beban tersendiri namun disisi lain pemerintah pun harus lebih mematangkan kembali regulasi yang tidak merugikan kedua belah pihak.

Oleh: Cinta Amalia Putri (Mahasiswa Angkatan 2020)

 

https://disarpus.padangpariamankab.go.id/assets/888slot/ https://ppid.kaltimprov.go.id/assets/css/ https://dpmptsp.muratarakab.go.id/wp-includes/js/dist/thai/ https://dinkes.hsu.go.id/scatter-hitam/ https://wisuda.smkind-mm2100.sch.id/hitam/ https://sso.untirta.ac.id/example/crud/scatter-hitam/ https://pmb.itsnupekalongan.ac.id/vendor/bin/scatter-hitam/ http://damai.balikpapan.go.id/assets/css/scatter-hitam/" https://saraga.itb.ac.id/css/ https://pertanian.tapselkab.go.id/kcfinder/thailand/ https://sikiper.untirta.ac.id/vendor/psr/888slt/ https://abdimas.stiemkalianda.ac.id/docs/manual/thailand/ https://sip-banjar.banjarkab.go.id/css/scatter-hitam/ https://sipanja.paserkab.go.id/UI/vendors/idn/ https://sikerma.untirta.ac.id/application/views/sv388/ https://pdc.polikant.ac.id/wp-content/themes/scatter-hitam/ https://www.chemistryfair.ui.ac.id/thai/ https://jurnal.univa-labuhanbatu.ac.id/public/site/scatter-hitam/ http://teknikinformatika.fasilkom.mercubuana.ac.id/wp-admin/maint/zeus/ https://kamboja.mtsn1banjar.sch.id/ https://zeusslot.angkolatimur.tapselkab.go.id/ https://www.poltekelbajo.ac.id/scatter-hitam/ http://888slot.smpn2cileungsi.sch.id/ https://lpm.univa-labuhanbatu.ac.id/wp-content/themes/jnews/scatter-hitam/ https://scatterhitam-slot.com https://tth.com.tc/ https://gna.university/ https://guiqac.gnauniversity.edu.in/ http://tourism.gov.eg/ powergaming88 http://e-office.utu.ac.id/asset/assets/plugins/gacor/ powergaming88 powergaming88 powergaming88 powergaming88 powergaming88 powergaming88 powergaming88 powergaming88 slot zeus nolimit city sv388 https://pariamantimur.pariamankota.go.id/assets/ https://sipatudia.bpsdm.sumbarprov.go.id/assets/mahjong/ slot jepang http://46.250.237.148:8005/ http://simokata.tabanankab.go.id/dist/img/thailand/ scatter hitam slot thailand link slot thailand 777 slot powergaming88 slot luar negeri slot gacor maxwin slot gacor hari ini slot gacor terbaru mahjong ways 2 slot thailand jp slot slot bni slot bri slot bsi slot danamon slot gopay slot server korea slot malaysia slot amerika slot rusia fan tan monopoly live lightning roulette mega ball sweet bonanza candyland mega sic bo mega baccarat andar bahar sbobet88 ktm303 slot dubai slot qris powergaming88 Slot Thailand Slot Zeus Pg Soft Starlight Princess Slot Gacor Maxwin Joker123 Sv388 Slot Thailand Slot Thailand Slot Qris slot thailand joker123 mahjong ways 2 888slot slot jepang slot thailand slot mahjong ways slot qris slot deposit dana slot dana nolimit city slot thailand sv388 slot888 slot kamboja http://labse.ce.undip.ac.id/sejarah/gacorx/ Slot Thailand Starlight Princess Mahjong Ways 2 Slot Maxwin slot thailand slot filipina slot88 slot thailand slot mahjong NEW SLOT POLA GACOR https://mandiri-gacor.angkolatimur.tapselkab.go.id/ jp slot slot ganas https://cheat-gacor.angkolatimur.tapselkab.go.id/ crazy time live slot qris https://sqris.angkolatimur.tapselkab.go.id/ slot akurat qris https://pragmaticplay.dharmasatyasarana.co.id/ https://dana.sidamaju.skom.id/ https://joker123.putramuko.co.id/ https://akun-pro-rusia.mariyadl.sch.id/ slot zeus server thailand server hongkong slot ovo slot gopay slot linkaja joker123 nolimit city sv388 starlight princess mahjong ways pg slot slot zeus sv388 idn slot https://joker123.elearningmansatuokit.sch.id/ slot server thailand slot thailand https://slot-thailand.itr.ac.id/ https://pn-watansoppeng.go.id/media/jui/server-thailand/ https://dinkes.hsu.go.id/wp-content/uploads/server-thailand/ nolimit city slot ovo slot gopay pragmati play starlight princess slot pg soft slot mahjong slot zeus digmaan slot mania slot zeus server thailand ying77 slot thailand judi bola live casino sv388 pg soft slot dana mahjong ways slot mania slot x500 ladangtoto slot server kamboja digmaan digmaan slot88 scv388 sabung ayam online slot live casino sicbo online slot thailand ladangtoto sv388 ladangtoto powergaming88 66kbet powergaming88 slot thailand ladangtoto slot thailand server thailand slot thailand slot thailand slot thailand slot gacor ladangtoto2 ying77 bet server thailand slot thailand ying77 slot88 ladangtoto ladangtoto slot maxwin sv388 sv388 slot gacor 66k bet slot dana sabung ayam inline slot mahjong slot toto slot server thailand slot gacor slot server thailand slot thailand situs slot wwg slot slot daftar judi slot online indonesia slot gacor slot mawin slot gacor slot thailand slot gacor slot gacor demo slot pragmatic sv388 slot88 pgsoft Daftar Judi Slot Online Indonesia Paling Gacor di Indonesia Daftar Situs Judi Slot Online SLOT88 lucky neko slot gacor slot88 slot kakek slot maxwin slot thailand Slot Mahjong Ways 2 Mudah Jackpot Paus di PG Soft Hari ini 2023 Lucky Neko Situs Slot Gacor Pgsoft Hari Ini SITUS SABUNG AYAM SV388 ONLINE DAFTAR LINK LOGIN APK AGEN SV388